INOVASI SI RAJA MADU

SISTEM RAWAT JALAN MANDIRI DAN TERPADU

SOP MANUAL BOOK VIDEO
LATAR BELAKANG

Pengembangan SIMRS harus mampu meningkatkan dan mendukung proses pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Sistem informasi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data dan informasi dengan lebih produktif, transparan, tertib, cepat, mudah, akurat, terpadu, aman dan efisien, khususnya dalam membantu memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang penyelenggaraan rumah sakit.

Berdasarkan gambaran diatas, maka dibuatlah sebuah inovasi yang diberi nama Si-RaJa MaDu (Sistem Rawat Jalan Mandiri dan Terpadu) yang mana ini merupakan pengembangan dari beberapa inovasi sebelumnya yaitu E- Reservasi dan Rekam Medis Elektronik sehingga diharapkan sistem ini dapat menjawab permasalahan yang ada selama ini terutama dalam mengurai antrian diloket pendaftaran serta mengoptimalkan proses pemberkasan klaim di RSUD Kota Mataram.

Sejak diterapkan aturan dari BPJS Kesehatan untuk wajib melakukan pinger print sebagai syarat untuk penerbitan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) pasien BPJS yang sudah melakukan pendaftaran lewat E- Reservasi tetap harus antri diloket pendaftaran untuk perekaman sidik jari (pinger print), selain itu dalam pengelolaan berkas klaim yang masih manual yang menyebabkan proses pemberkasan klaim terhambat juga turut menjadi dasar inovasi ini dilakukan sehingga Si-RaJa MaDu (Sistem Rawat Jalan Mandiri dan Terpadu) ini hadir untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut.

Sistem ini memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran secara mandiri dan melakukan perekaman sidik jari tanpa harus antri diloket pendaftaran selain itu sistem ini juga sudah terkoneksi dengan aplikasi SIMRS sehingga dalam pengelolaan berkas klaim menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Untuk memperoleh manfaat dari layanan Si-RaJa MaDu (Sistem Rawat Jalan Mandiri dan Terpadu) ini pasien hanya perlu mengakses alat Anjungan Pendaftaran Mandiri yg sudah disediakan dan pada tahap awal petugas di front office (security) akan memandu pasien untuk mengoperasikan alat dan menu yang tersedia di aplikasinya.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari layanan Si-RaJa MaDu (Sistem Rawat Jalan Mandiri dan Terpadu) ini antara lain adalah :

  • 1. Memangkas / mengurangi antrean di loket pendaftaran rawat jalan.
  • 2. Memudahkan pasien yang berkunjung ke poliklinik RSUD Kota Mataram untuk melakukan proses pendaftaran secara mandiri
  • 3. Meningkatkan efisiensi waktu pelayanan diloket pendaftaran sehingga tidak terjadi penumpukan pasien dalam menunggu pelayanan.
  • 4. Pengelolaan berkas klaim (BPJS) secara cepat, mudah dan efektif
  • 5. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik
  • 6. Mempercepat pengelolaan data secara elektronik
  • 7. Memudahkan pasien mendapatkan pelayanan prima di RSUD Kota Mataram
  • 8. Mewujudkan birokrasi modern yang efektif dan efisien di lingkungan RSUD Kota Mataram.
  • KEBAHARUAN INOVASI DAERAH

    Adapun kelebihan dan keunikan dari sistem yang diterapkan ini selain memudahkan pasien untuk melakukan pendaftaran secara mandiri dan perekaman sidik jari sehingga pasien dapat langsung ke poli tujuan tanpa perlu antre diloket pendaftaran, dari unit klaim rumah sakit juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam hal pengelolaan klaim sehingga secara otomatis dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas serta efisiensi pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.

    Selain itu RSUD Kota Mataram selalu berinovasi menciptakan digitalisasi pelayanan serta mendukung kebijakan pemerintah Kota Mataram untuk mewujudkan Mataram Smart City, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan yang diinginkan.

    Inovasi Si Raja Madu ini merupakan inovasi yang dikembangkan secara mandiri oleh SDM internal Rumah Sakit, dimana sistem ini merupakan pengembangan dari sistem yang sudah ada. Selain itu, adanya inovasi ini sejalan dengan program Pemerintah dalam pengembangan pelayanan prima ke sumua lapisan masyarakat.

    HASIL INOVASI DAERAH
    No Sebelum Inovasi Setelah Inovasi
    1 Waktu tunggu pasien di loket pendaftaran agak lama karna harus mengantri dalam melakukan pendaftaran dan perekaman sidik jari Memperpendek waktu tunggu dalam proses pendaftaran karna pasien bisa melakukan pendaftaran secara mandiri
    2 Rumah Sakit memiliki kendala/ masalah dalam proses pemberkasan klaim (khususnya berkas BPJS) Pemberkasan Klaim BPJS menjadi lebih mudah dan cepat karna sudah bridging sistem
    3 Penggunaan sumber daya (printer, scanner dll) lebih boros Menghemat penggunaan sumber daya (printer, scanner dll) karena sudah tersistem

    Saran

    Whatsapp

    Lokasi Rumah Sakit


    Alamat

    Jl. Bung Karno No. 3 Pagutan Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat

    (0370) 640774

    rsud_mataram@yahoo.com


    Saran Dan Masukan Anda



    BLU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM

    © #SIMRS #RSUDKotaMataram  All Rights Reserved. Edited by SIMRS