Email

Front Office

Fax



STROKE CENTER

Stroke merupakan suatu kumpulan gejala-gejala karena kematian sel pada otak, tulang belakang, dan retina yang disebabkan oleh proses iskemik atau perdarahan berdasarkan bukti-bukti patologis, radiologis, atau bukti- bukti lainnya pada otak, tulang belakang, atau retina yang sesuai dengan distribusi pembuluh darah. Bukti klinis adanya cedera fokal pada otak, tulang belakang dan retina berdasarkan gejala-gejala yang berlangsung ≥24 jam atau sampai menyebabkan kematian dimana penyebab lain sudah tersingkirkan.

  

PELAYANAN JANTUNG TERPADU

 

 

 

"PROGRAM TERDEPAN PJT CATH LAB"

APA ITU CATH LAB? Cath lab atau kateterithsi jantung angiografi adalah prosedur athu tindakan kardiologi diagnostic invasive. Metodenya meng-gunalthn sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Mithinya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempithn, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tethebut. Alat yang digunakan dalam cath lab dapat menghasilkan garnba-ran pembuluh darah secara detail. Dengan begitu, prosedur ini bith membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi athu Percutaneous Transluminal Coronant Angioplasty (PTCA).  



KENAPA MELAKUKAN CATH LAB ?  

1.Pemeri ksaan yang memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung dan mengobati stenosis atau kelainan lain ini.  

2. Dilakukan sebagai tindakan preventif dan kuratif.  

3. Cath lab bisa dimanfaatkan untuk deteksi. Demi melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit. Melalui prosedur cath lab dokter dapat mengambil keputusan tinclakan medis apa yang sesuai untuk se seorang. Dengan begitu, dokter dapat merekomen-dasikan tindak lanjut pengobatan yang bergantung dari hasil angiagrafi. Misalnya, tindakan, seperti me-masang ring jantung, intervensi dengan balon, atau pun tindakan operasi bypass.  



BAGAIMANA MELAKUKAN CATH LAB ?  

• Seseorang dan keluarganya periu mendiskusikan riwa-yat kesehathn dan mengobatan yang sedang dan akan dijalani dengan dokter spesialisjantung.  

• Perthma, sebelum melakukan tindakan dokter akan rnengawalinya dengan pernbiusan bkal.  

• Tahap selanjuthya dinamai dengan catheter. Pada tahap ini, selang kecil akan dimasukan oleh dokter me-lalui pembuluh darah arteri hingga mencapai pembu-luh darah aorta yang ditempatkan pada posisi muara arteri koroner.  

• Selanjutnya, dokter akan memasukan cairan kon.as melalui selang catheter tersebut sambil menggunakan sinar X-ray. Aliran cairan ini akan dipanthu melalui moni-tor untuk memperlihatkan apakah ada penyempithn atau tidak. • Selanjutnya dokter akan menjelaskan dan merekomen-dasikan tindakan lanjutan dari hasil pemerikthan. Mithi-nya, apakah cukup dengan pengobatan biasa, apa pedu membutuhkan tindakan lainnya. Contohnya, pe-mathngan balon dan cincin (stent) athu operasi bypass (bedah jantung).  



DIMANA MELAKUKAN CATH LAB? Cath labdapat dilakulthn di RSUD Kota Mataram yang sudah didukung dengan fasilitascath lab atau kateterithsi jantung dan angiografi.



Penulis : Yudistira

Penulis : Yudistira 0 0

0 Komentar

Mohon masukan dan saran anda ...

Berikan Komentar

Poli Sore

PSC 119

Reservasi

SIMRS RSUD Kota Mataram

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nonor 82 Tahun 2013 dijelaskan bahwa Setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Aplikasi penyelenggaraan SIMRS yang dibuat oleh Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.



Saran

Whatsapp

Location

Alamat

Jl. Bung Karno No. 3 Pagutan Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat

(0370) 640774

rsud_mataram@yahoo.com

Saran Dan Masukan Anda

BLU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM

© simrs#administrator#RSUDKotaMataram  All Rights Reserved. Edited by FHDEV