Email

Front Office

Fax


Baca Artikel

OBAT GENERIK, APAKAH BERKUALITAS?

Kamis, 13 Juli 2023 12:49 Wita Penulis : Apt. Rifky Arafahtul Huda 11 bulan yang lalu
0 1303 1303
Share :

MURAH TAPI TIDAK MURAHAN

OBAT GENERIK BERKUALITAS

 

Obat merupakan unsur yang sangat penting dalam upaya penyelenggaraan kesehatan. Sebagian besar intervensi medik menggunakan obat. Oleh karena itu, obat tersedia pada saat diperlukan dalam jenis dan jumlah yang cukup, berkhasiat nyata dan berkualitas baik. Saat ini banyak sekali beredar berbagai macam jenis obat baik itu produk generik maupun produk dagang.

Pada umumnya, konsumen lebih suka mengkonsumsi produk bermerek/produk dagang dibanding produk generik. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa obat generik mempunyai mutu lebih rendah dari pada produk bermerek dagang. Sehingga karena harga obat paten yang lebih mahal dari obat generik untuk pasien tidak mampu sering membeli setengah dari obat yang diresepkan. Hal ini sangat berbahaya, terutama bila obat tersebut suatu antibiotik, jika diminum tidak sampai habis dapat mengakibatkan mikroba kebal/ resisten terhadap antibiotik tersebut.

Menurut peraturan BPOM No. 27 tahun 2017 disebutkan, Obat Generik adalah obat dengan nama sesuai Internasional Nonproprietary Names Modified yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) atau nama yang ditetapkan dalam program kesehatan nasional. Dalam perijinan yang dikeluarkan oleh BPOM, obat harus lulus Uji Disolusi. Barulah obat tersebut dapat dipasarkan dan digunakan oleh pasien.

Disolusi merupakan tahapan yang membatasi atau tahap yang mengontrol laju bioabsorbsi obat-obat yang mempunyai kelarutan rendah, karena tahapan ini seringkali merupakan tahapan yang paling lambat dari berbagai tahapan yang ada dalam pelepasan obat dari bentuk sediannya dan perjalanannya ke dalam sirkulasi sistemik. Dalam sebuah penelitian “UJI DISOLUSI OBAT GENERIK DIBANDINGKAN OBAT BERMEREK”, didapatkan kesimpulan bahwa uji disolusi obat generik tidak kalah dengan obat bermerek.

“KENAPA HARGA OBAT GENERIK LEBIH MURAH”

  • Harga obat generik lebih murah karena obat generik telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi secara umum tanpa perlu membayar royalti.
  • Pada dasarnya obat generik memiliki zat aktif yang sama dengan obat paten.
  • Kemasan juga menjadi pembeda, kenapa harga obat generik lebih murah ketimbang obat paten.

Jadi, obat dengan harga murah belum tentu kualitasnya rendah. Dengan kata lain, obat generik mempunyai efektivitas yang sama dengan obat paten, yang harganya memang lebih terjangkau karena tidak memerlukan biaya untuk melakukan promosi dan mematenkan nama obat. Yang tidak kalah penting, RSUD Kota Mataram juga mendukung penggunaan obat generik dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis profesional yang ditunjang oleh penggunaan obat Generik yang berkualitas serta pelayanan Kefarmasian yang terbaik.





Penulis : Apt. Rifky Arafahtul Huda

Berikan Komentar


Artikel Terpopuler

MENGENAL LEBIH DEKAT TERAPI CUCI DARAH / HEMODIALISA (HD)
Penulis : Ns. Relina Andri Rahayu.,S.Kep.

SIMRS RSUD Kota Mataram

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nonor 82 Tahun 2013 dijelaskan bahwa Setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Aplikasi penyelenggaraan SIMRS yang dibuat oleh Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.



Saran

Whatsapp

Location

Alamat

Jl. Bung Karno No. 3 Pagutan Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat

(0370) 640774

rsud_mataram@yahoo.com

Saran Dan Masukan Anda

© simrs#administrator#RSUDKotaMataram  All Rights Reserved. Edited by FHDEV