INOVASI SIPERKASA

"Sistem Informasi Pemberkasan Klaim dan Administrasi Rumah Sakit”

📥 Download Proposal dan Timeline SIPERKASA (PDF) 📥 Download Manual Book SIPERKASA (PDF)
 

Pengelolaan klaim di rumah sakit adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam operasional rumah sakit Proses klaim yang baik tidak hanya berhubungan dengan aspek finansial rumah sakit, tetapi juga berdampak pada kepuasan pasien, efisiensi operasional, dan pemenuhan regulasi. Selain itu pengelolaan klaim ini penting untuk memastikan proses klaim berjalan efisien, akurat, dan sesuai dengan ketentuan.

Pengelolaan klaim di rumah sakit merupakan proses yang kompleks dan melibatkan berbagai pihak termasuk pasien, rumah sakit, dan penyedia asuransi (BPJS Kesehatan). Gambaran proses pemberkasan klaim secara manual melibatkan banyak prosedur administratif yang kompleks dan memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar yaitu dimulai dari mencetak kelengkapan berkas (membutuhkan banyak unit printer), mengumpulkan dan mengecek kelengkapan berkas serta memisahkan datanya sesuai dengan nama dan jenis layanan (membutuhkan banyak waktu dan SDM), verifikasi berkas klaim per pasien dan proses scan data klaim untuk diconvert ke file pdf (membutuhkan banyak unit scanner) yang tentunya proses tersebut berpengaruh pada kecepatan proses klaim, biaya dan SDM serta tingkat akurasi dalam proses klaim, selain itu masalah dalam mengelola klaim seperti data yang tidak lengkap, proses pengumpulan data klaim yang lambat, kesalahan dalam proses pemberkasan menyebabkan pembayaran klaim terhambat sehingga akan berdampak terhadap cash flow rumah sakit Oleh karena itu Rumah sakit harus memastikan bahwa seluruh data pasien dan klaim yang diajukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Inovasi SIPERKASA ini dapat menjadi solusi dengan pengembangan sistem berbasis teknologi informasi dalam mengakomodir kebutuhan administrasi klaim rumah sakit. Sistem ini telah dilengkapi dengan berbagai menu antara lain : menu khusus untuk pengelolaan berkas klaim (rawat jalan dan rawat inap), Generate File untuk mengecek dan menvalidasi berkas klaim serta otomatis dapat disimpan dalam bentuk file pdf, Tombol khusus untuk mengumpulkan berkas secara otomatis dan tombol penanda khusus untuk berkas yang tidak lengkap serta dilengkapi dengan menu lainnya demi meningkatkan dan memastikan kelancaran dan ketepatan proses klaim, mempercepat proses pengumpulan data dan verifikasi klaim, serta mendukung rumah sakit dalam memenuhi regulasi yang berlaku. Sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rumah sakit, pasien, dan BPJS Kesehatan.

📌 Tujuan Inovasi

Tujuan dari SIPERKASA adalah untuk menyederhanakan, mempercepat, dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pemberkasan klaim dan administrasi rumah sakit, sekaligus menjamin kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Dengan sistem ini, rumah sakit dapat meningkatkan kinerja operasional, memastikan kepuasan pasien, dan mendukung pengelolaan keuangan yang lebih baik melalui klaim yang lebih cepat dan tepat. Dengan tujuan-tujuan tersebut, rumah sakit dapat memberikan layanan pemberkasan yang lebih cepat dan efisien, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas klaim dan pembayaran klaim di rumah sakit.

📌Hasil Inovasi

✅ Berkas klaim rumah sakit dapat disiapkan dalam waktu 1 hari. Hal ini dikarenakan petugas ruangan tidak perlu menunggu hasil cetakan radiologi dan laboratorium untuk diantar oleh petugas penunjang ke ruangan, petugas ruangan tidak perlu mengumpulkan dan mengelompokkan berkas secara manual, petugas klaim tidak perlu memindai/scan berkas, petugas tidak perlu bingung memisah status berkas yang belum lengkap, belum diverifikasi dan belum di koding serta berkas yang belum difinalisasi.
✅ Status berkas yang tidak lengkap juga langsung dapat di filter dan ditindak lanjuti sehingga mengurangi jumlah berkas yang di pending.
✅ Berdasarkan hasil survei terhadap berbagai aspek penggunaan aplikasi SIPERKASA, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4.2926 dari skala maksimal 5. Nilai ini menunjukkan bahwa secara umum, pengguna merasa sangat puas dengan aplikasi yang digunakan dalam proses pemberkasan klaim di rumah sakit.
✅ Seluruh kategori variabel yang diukur—meliputi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kemudahan penggunaan, kebermanfaatan sistem, dan kepuasan pengguna—mendapatkan skor tinggi. Indikator dengan skor tertinggi adalah "Fitur dalam aplikasi sesuai kebutuhan pemberkasan", sedangkan skor terendah tercatat pada indikator "Informasi yang ditampilkan lengkap dan relevan".

Chatbot skrining dan konseling dengan psikolog RSUD Kota Mataram Silara
Pilih Bahasa / Select Language
Halo! Selamat datang di layanan informasi wisata medis RS H. Moh Ruslan. Saya Widuri, asisten virtual Anda, siap membantu dengan segala kebutuhan medis dan perjalanan Anda 😊🙏 Bahasa apa yang ingin Anda gunakan?
Hello! Welcome to the medical tourism information service of H. Moh. Ruslan Hospital. I'm Widuri, your virtual assistant, and I'm ready to assist with all your medical and travel needs😊🙏 Which language would you like to use?

Built by Simrs

Lokasi Rumah Sakit


Alamat

Jl. Bung Karno No. 3 Pagutan Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat

(0370) 640774

rsud_mataram@yahoo.com


Saran Dan Masukan Anda



BLU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM

© #SIMRS #RSUDKotaMataram  All Rights Reserved. Edited by SIMRS