"Sistem Informasi Pemberkasan Klaim dan Administrasi Rumah Sakit”
Pengelolaan klaim di rumah sakit adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam operasional rumah sakit Proses klaim yang baik tidak hanya berhubungan dengan aspek finansial rumah sakit, tetapi juga berdampak pada kepuasan pasien, efisiensi operasional, dan pemenuhan regulasi. Selain itu pengelolaan klaim ini penting untuk memastikan proses klaim berjalan efisien, akurat, dan sesuai dengan ketentuan.
Pengelolaan klaim di rumah sakit merupakan proses yang kompleks dan melibatkan berbagai pihak termasuk pasien, rumah sakit, dan penyedia asuransi (BPJS Kesehatan). Gambaran proses pemberkasan klaim secara manual melibatkan banyak prosedur administratif yang kompleks dan memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar yaitu dimulai dari mencetak kelengkapan berkas (membutuhkan banyak unit printer), mengumpulkan dan mengecek kelengkapan berkas serta memisahkan datanya sesuai dengan nama dan jenis layanan (membutuhkan banyak waktu dan SDM), verifikasi berkas klaim per pasien dan proses scan data klaim untuk diconvert ke file pdf (membutuhkan banyak unit scanner) yang tentunya proses tersebut berpengaruh pada kecepatan proses klaim, biaya dan SDM serta tingkat akurasi dalam proses klaim, selain itu masalah dalam mengelola klaim seperti data yang tidak lengkap, proses pengumpulan data klaim yang lambat, kesalahan dalam proses pemberkasan menyebabkan pembayaran klaim terhambat sehingga akan berdampak terhadap cash flow rumah sakit Oleh karena itu Rumah sakit harus memastikan bahwa seluruh data pasien dan klaim yang diajukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Inovasi SIPERKASA ini dapat menjadi solusi dengan pengembangan sistem berbasis teknologi informasi dalam mengakomodir kebutuhan administrasi klaim rumah sakit. Sistem ini telah dilengkapi dengan berbagai menu antara lain : menu khusus untuk pengelolaan berkas klaim (rawat jalan dan rawat inap), Generate File untuk mengecek dan menvalidasi berkas klaim serta otomatis dapat disimpan dalam bentuk file pdf, Tombol khusus untuk mengumpulkan berkas secara otomatis dan tombol penanda khusus untuk berkas yang tidak lengkap serta dilengkapi dengan menu lainnya demi meningkatkan dan memastikan kelancaran dan ketepatan proses klaim, mempercepat proses pengumpulan data dan verifikasi klaim, serta mendukung rumah sakit dalam memenuhi regulasi yang berlaku. Sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rumah sakit, pasien, dan BPJS Kesehatan.
Jl. Bung Karno No. 3 Pagutan Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat
(0370) 640774
rsud_mataram@yahoo.com
© #SIMRS #RSUDKotaMataram All Rights Reserved. Edited by SIMRS