Artikel


MATARAM – setelah meresmikan gedung Hemodialisa dan membangun IGD terintegrasi, RSUD Kota Mataram sukses membangun Lab Inseminasi untuk bayi tabung. Kepala SMF Obgyn RSUD Kota Mataram dr. Hj Eka Nurhayati, Sp.OG, M.Kes, M.Humreprod mengatakan, saat ini peralatan dengan kualitas nomor satu sudah dimiliki untuk setiap tahapan di lab inseminasi. Tidak hanya peralatan, SDM yang mengoperasikan fasilitas canggih tersebut juga sudah siap. “seperti USG ini, yang merupakan USG tercanggih di dunia,” Kata eka sembri menunjukkan peralatan Ultrasonografi (USG) diruang praktiknya.

null

Menurut Eka, RSUD Kota Mataram memang memiliki fasilitas yang termutakhir. Tetapi alat canggih tidak berguna tanpa ada yang bisa mengoperasikannya dengan baik. Namun kini semua tenaga ahli yang mampu mengoperasikan peralatan canggih tersebut telah dimiliki.

“selangkah lagi bayi tabung bisa diprogramkan disini,” ujarnya.

Dalam proses bayi tabung, Eka menjelaskan, setelah laparoskopi dan histeroskopi, barulah diadakan analisa sperma, yang selanjutnya dilakukan inseminasi atau proses memasukkan sperma secara langsung kedalam rahim. “ke depannya kita mau bikin lab bayi tabun,” jelas Eka.

Meski peralatan sudah memadai masih ada kendala yang dihadapi RSUD Kota Mataram untuk membangun lab bayi tabung. Yaitu registrasi peralatan. Lulusan Master of Human Reproductionnya Kroasia dan Slovenia ini mengatakan, peralatan yang ada masih perlu diregistrasi.

“sekarang peraturannya baru, semua peralatan yang kita miliki di Lab Inseminasi semuanya harus diregistrasi,” Jelasnya.

 

Sumber : Fatih / Harian Lombok Post

  • Bagikan